SELAMAT DATANG DI WEBLOG RESMI SDN SIRNAGALIH 02 KECAMATAN TAMANSARI BOGOR

Minggu, 21 Februari 2010

Silabus

 

Nama Sekolah                     : SEKOLAH DASAR (SD)

Mata Pelajaran                     : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Kelas                                      : IV

Semester                              : 1

 

STANDAR KOMPETENSI:

1.       Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

1.1     Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.

 

Desa

·    Menyimak pemahaman desa menurut PP No. 72 tahun 2005 tentang Desa.

·    Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan desa.

·    Memahami arti pembentukan, penggabungan, pemekaran, dan perubahan status desa.

 

Menjelaskan lingkungan desa.

Tugas individu

·    Penilaian lisan

·    Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)

Mengapa pemerintah desa dapat memanfaatkan kekayaan desa sebagai dana penyelenggaraan pemerintah desa?

4 x 35 menit

·    Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1-10, 11-14, 15-16.

·    Orang tua.

·    Teman.

·    Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

 

·       Mengenal pemerintahan desa (kepala desa dan BPD) dan perangkat desa (sekretaris desa, sekretariat desa, pelaksana teknis lapangan, dan unsur kewilayahan).

·       Menyebutkan persyaratan dan cara pemilihan kepala desa.

·       Menyebutkan tugas, wewenang, dan kewajiban kepala desa.

·       Mengetahui pertanggungjawaban kepala desa.

Menyebutkan perangkat desa.

 

 

 

 

 

 

 

·       Menyebutkan sumber-sumber keuangan desa.

Menyebutkan sumber keuangan desa

 

.

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

Kelurahan.

·       Menyimak pemahaman kelurahan menurut PP No. 73 tahun 2005 tentang Kelurahan.

·       Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan kelurahan.

·       Memahami arti pembentukan, penggabungan, dan pemekaran kelurahan.

·       Mengidentifikasi perbedaan antara kelurahan dan desa.

Menjelaskan lingkungan kelurahan.

 

·       Penilaian tulisan

·       Penilaian sikap (pengamatan perilaku)

Mengumpulkan laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber lain kepada kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah?

 

 

 

 

·       Mengenal lurah dan perangkat kelurahan (sekretaris kelurahan, seksi-

Menyebutkan perangkat kelurahan.

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

 

seksi, dan jabatan fungsional).

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Menyebutkan sumber-sumber keuangan kelurahan.

Menyebutkan sumber keuangan kelurahan.

 

 

 

 

 

 

Kecamatan.

·       Menyimak pemahaman tentang pengertian kecamatan.

·       Mengenal camat dan perangkat kecamatan (sekretaris camat dan seksi-seksi).

·       Mengetahui tugas dan pertanggungjawaban camat.

·       Mengetahui partner kerja sama camat (Danramil dan Kapolsek)

 

 

Menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.

 

·       Penilaian tulisan

·       Penilaian sikap (pengamatan perilaku)

Mengumpulkan laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa semua perangkat kecamatan bertanggung jawab kepada camat? Mengapa camat mendapatkan gaji dari pemerintah?

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

1.2.  Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan.

 

 

Struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.

·       Mengamati gambar struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.

Memahami gambar struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.

 

 

 

2 x 35 menit

·       Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 9, 13, 16.

·       Orang tua.

·       Teman.

·       Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

______________________

NIP.

….., …..

Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

_______________________________

NIP.

 

 

Nama Sekolah                     : SEKOLAH DASAR (SD)

Mata Pelajaran                     : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Kelas                                      : IV

Semester                              : 1

 

STANDAR KOMPETENSI:

2.       Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

2.1     Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.

 

Pemerintah kabupaten/kota.

·       Menyebutkan kepala daerah kabupaten/kota.

·       Mengenal perangkat daerah kabupaten/kota (sekretariat daerah, dinas daerah, lembaga teknis daerah, kecamatan, dan kelurahan).

·       Menjelaskan cara pemilihan kepala daerah kabupaten/kota dan pertanggungjawabannya.

Menjelaskan pemerintahan kabupaten/kota.

Tugas individu

·       Penilaian lisan

·       Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)

Apa yang dimaksud dengan otonomi daerah?

4 x 35 menit

·       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SDr Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 33-37, 38-41, 41-42.

·       Orang tua.

·       Teman.

·       Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

 

·       Menyimak pemahaman tentang kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota.

·       Menyebutkan kewajiban daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah.

Menyebutkan ewenangan pemerintah kabupaten/kota.

 

 

 

 

 

 

Pemerintah provinsi di Indonesia.

·       Mengenal pemerintahan provinsi (gubernur dan DPRD) serta pertanggungjawabannya.

Menjelaskan pemerintahan provinsi.

 

 

 

 

 

 

 

·       Menyimak pemahaman tentang kewenangan daerah provinsi.

·       Menyebutkan tugas dan wewenang pemerintah daerah serta kewajiban kepala daerah.

 

 

Menyebutkan kewenangan pemerintah provinsi.

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

·       Memahami pengertian DPRD.

·       Mengetahui keanggotaan DPRD

·       Menyebutkan tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.

Memahami tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.

 

·       Penilaian lisan

·       Penilaian unjuk kerja (keberani-an untuk menyam-paikan pendapat)

Mengapa gubernur wajib memegang teguh dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945?

 

 

2.2     Menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi.

 

Struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.

·       Mengamati gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.

Memahami gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.

 

 

 

2 x 35 menit

·       Buku paket PKn SD Kelas IV ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilu-jeng, M.Pd.) hlm. 35, 40.

·       Orang tua.

·       Teman.

·       Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

______________________

NIP.

….., …..

Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

_______________________________

NIP.

Nama Sekolah                     : SEKOLAH DASAR (SD)

Mata Pelajaran                     : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Kelas                                      : IV

Semester                              : 2

 

STANDAR KOMPETENSI:

3.       Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

3.1     Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dll.

 

Pengertian pemerintah.

·       Menyimak pengertian pemerintah, pemerintahan, dan sistem pemerintahan.

·       Menyebutkan komponen-komponen pemerintahan (eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

·       Menyimak pemahaman tentang sistem presidensial.

Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan.

Tugas individu

·       Penilaian lisan

·       Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)

Mengapa dalam suatu negara harus ada pemerintahan?

4 x 35 menit

·       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.

·       Orang tua.

·       Teman.

·       Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).

·        

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

Komponen pemerintahan di Indonesia

·       Menyebutkan lembaga-lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD).

·       Menjelaskan keanggotaan MPR, DPR, dan DPD.

·       Menyebutkan tugas dan wewenang MPR, DPR, dan DPD.

Menjelaskan lembaga legislatif

Tugas individu

·       Penilaian lisan

·       Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan pendapat)

Bagaimana susunan keanggotaan dan kedudukannya?

Apa tugas dan wewenangnya?

 

 

 

 

·       Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif.

·       Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).

·       Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala negara.

·       Menyebutkan

Menjelaskan lembaga eksekutif

Tugas kelompok

·       Penilaian lisan

·       Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampa-ikan penda-pat)

Apa arti lembaga eksekutif?

Apa saja tugas-tugas presiden?

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

 

tugas dan wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Menjelaskan pengertian lembaga yudikatif.

·       Menyebutkan tugas dan wewenang MA, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial.

Menjelaskan lembaga yudikatif

Tugas kelom-pok

·       Penilaian lisan

·       Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan pendapat)

Mendiskusikan lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).

Apa tugas dan kewenangan lembaga-lembaga tersebut?

 

 

 

 

·       Menjelaskan keanggotaan BPK.

·       Menjelaskan tugas dan wewenang BPK.

Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan

Tugas kelom-pok

·       Penilaian lisan

·       Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampai-kan pendapat)

Apa tugas BPK?

Kepada siapa hasil tugas BPK diserahkan?

 

 

 

 

·       Menjelaskan tugas dan wewenang KPU.

Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri.

 

Lembaga eksekutif

·       Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif.

·       Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).

·       Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala negara.

·       Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.

Memahami lembaga eksekutif (presiden).

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

______________________

NIP.

….., …..

Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

_______________________________

NIP.

Nama Sekolah                     : SEKOLAH DASAR (SD)

Mata Pelajaran                     : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Kelas                                      : IV

Semester                              : 2

 

STANDAR KOMPETENSI:

4.       Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

4.1     Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.

 

Arti dan sejarah globalisasi.

·       Memahami manusia sebagai makhluk sosial (hidup bersama dengan manusia lainnya).

·       Memahami arti globalisasi.

·       Mengetahui sejarah globalisasi dan perkembangan-nya.

Menceritakan proses globalisasi.

Tugas individu

·       Penilaian lisan

·       Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)

Mengapa globalisasi terjadi?

4 x 35 menit

·       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 85-90, 91-96, 97-98.

·       Orang tua.

·       Teman.

·       Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

Kita di tengah-tengah globalisasi

·       Menceritakan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.

Menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.

 

·       Penilaian lisan (keberanian menyampaikan pendapat)

·       Penilaian tulisan

·       Penilaian sikap (pengamatan perilaku)

Buatlah tabel mengenai makanan impor apa saja yang digemari di Indonesia.

 

Mengapa permainan playstation atau game di komputer di Indonesia?

 

 

 

Sikap kita terhadap globalisasi.

·       Menjelaskan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.

Menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi.

 

 

 

 

 

4.2     Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.

 

Kita di tengah-tengah globalisasi.

·       Menyebutkan contoh-contoh kebudayaan Indonesia (tarian tradisional) dan asing.

·       Menampilkan dampak positif.

Menjelaskan globalisasi kebudayaan.

 

·       Penilaian tulisan

·       Penilaian sikap (pengamatan perilaku)

Buatlah daftar mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia.

 

·       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra.

Kompetensi Dasar

Materi Ajar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu (menit)

Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

 

 

globalisasi, seperti mengirimkan misi kebudayaan Indonesia ke luar negeri

 

 

 

 

 

Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 95-96.

·       Orang tua.

·       Teman.

Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).

4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.

 

Sikap kita terhadap globalisasi

·       Menyebutkan dampak negatif dan positif dari globalisasi.

·       Menyebutkan contoh-contoh dampak (positif dan negatif) globalisasi.

·       Menentukan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.

Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.

 

·       Penilaian tulisan

·       Penilaian sikap (pengamatan perilaku)

Mengisi kolom skala sikap.

 

·       Buku paket (Buku PKn untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 97-98.

·       Orang tua.

·       Teman.

·       Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

______________________

NIP.

….., …..

Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

_______________________________

NIP.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar